Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Fungsi Menu Setting/setelan di blogger

Mengenal fungsi menu setting/setelan di blogger

 Assalamualaikum sahabat bagaimana kabarnya nih? Insyallah sehat ya? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan bahas tentang menu setting atau dalam bahasa indonesia setelan. Pada pertemuan yang telah lalu kita sudah membahas tentang menu-menu didasbor blogger di antaranya menu Ikhtisar, pos,Laman, komentar,Google+,statistik,penghasilan,Tata letak,template dan yang terakhir menu setting/setelan.

Untuk tema yang akan kita bahas kali ini sedikit panjang karena di dalam menu setting/setelan ini terdapat 6 menu lainya, Antara lain setelan Dasar, setelan pos dan komentar,setelan seluler dan email, setelan bahasa dan pemformatan, setelan peferensi dan penelusuran, dan setelan lainya. Untuk lebih jelasanya berikut penjelasan mengenal fungsi menu setting/setelan di dasbor blogger:

1. Fungsi menu dasar - Ada 3 poin Fungsi dari setelan dasar antara lain setelan dasar, setelan penerbit, dan setelan izin. untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
  • Dasar - Fungsi dari setelan dasar adalah untuk mengedit judul blog, deskripsi, privasi. Untuk caranya mengeditnya sebagai contoh, sahabat ingin mengganti judul blog sahabat klik edit setelah sahabat mengedit selanjutnya klik button simpan perubahan untuk membatalkan pengeditan klik button batal.
  • Penerbit - Fungsi dari setelan dasar penerbit adalah untuk mengganti alamat Url blog yang sahabat gunakan. sebagai contoh sahabat ingin mengganti alamat blog yang tadinya http://tipsbloggerdancomputer.blogspot.com menjadi http://tipsblogger.blogspot.com, sahabat bisa mengeditnya melalui setelan dasar penerbit.
  • Izin - Fungsi dari setelan dasar izin adalah untuk memberi izin penulis blog dan pembaca blog. contoh: jika sahabat ingin menambahkan seseorang untuk menulis di blog sahabat, sahabat bisa gunakan setelan dasar izin untuk menambahkan email yang nantinya teman sahabat dapat mengakses blog sahabat untuk menulis artikel.
2. Fungsi setelan pos dan komentar - Fungsi dari setelan dasar pos dan komentar adalah untuk mensetting tampilan pos dan komentar. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan dari fungsi setelan dasar pos dan komentar:
  • Pos - Di setelan dasar pos berfungsi untuk mengedit pengaturan pos. Ada 3 poin yang dapat kita edit antara lain Tampilan sebanyak mungkin, Template entri dan tampilan gambar dengan lightbox.contoh jika sahabat ingin menambah jumlah artikel di home page (halaman utama) sahabat bisa edit melalui menu pos, caranya ganti angka 7 dengan angka yang sahabat inginkan kemudian klik button simpan setelan di kanan atas dasbor.
  • Komentar - Berikutnya setelan dasar komentar. setelan komentar berfungsi untuk mengedit tampilan mulai dari Lokasi komentar, siapa yang dapat mengomentari, moderasi komentar, tampilkan verifikasi kata, tampilkan tautan balik dan pesan formulir komentar. contoh fungsi pesan formulir komentar, tentunya sahabat pernah berkomentar dan menjumpai pesan dari admin blog tersebut di atas kolom komentar seperti ucapan terimakasih sudah berkomentar, nah untuk membuat pesan tersebut sahabat bisa menambahkan melalui setelan pesan formulir komentar.
3. Fungsi seluler dan email - Setelan seluler dan email berfungsi untuk mensetting seluler atau email yang dapat mengirimkan artikel/tutorial berikut penjelasanya setelan seluler dan email:
  • Seluler - seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa fungsi dari setelan seluler adalah untuk mensetting ponsel mana yang dapat mengirimkan tulisan ke blog yang sahabat kelola melalui ponsel.
  • Email - tidak ada bedanya fungsi setelan email dengan setelan seluler jika setelan seluler berfungsi untuk mengirimkan pos melalui sms/mms, begitu juga dengan setelan email berfungsi untuk menerbitkan tulisan via email.
4. Fungsi bahasa dan pemformatan - Fungsi menu berikut ini adalah adalah untuk mensetting bahasa dan tanggal untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
  • Bahasa - berfungsi untuk mengubah bahasa di dasbor blogger dan untuk mengaktifkan transliterasi.
  • Pemformatan - berfungsi untuk mengubah zona waktu, format header tanggal, format timestamp, format stempel waktu komentar.
5. Fungsi peferensi dan penelusuran
  • Tag meta - berfungsi untuk membuat deskripsi blog
  • Kesalahan dan pengalihan - berfungsi untuk memberikan pesan  khusus untuk laman yang tidak ditemukan (sudah di hapus).
  • Perayapan dan pengindekan - berfungsi untuk mengaktifkan robots.txt khusus dan tag tajuk robot khusus.
6. Fungsi lainya - ada beberapa menu di menu lainya berikut penjelasanya:
  • Alat blog- berfungsi untuk mengimpor blog, ekspor blog, artikel dan meng hapus blog
  • Umpan situs
  • OpenID
  • Konten khusus dewasa - memberikan pesan saat blog kita pertama kali dibuka untuk konten dewasa.
  •  Google analytics - untuk menambahkan kode google analytics.
Diatas sudah saya jelaskan tentang beberapa menu di menu setelan mudah-mudahan bermanfaat dan ahir wassalam.
Mengenal fungsi menu stting/setelan di dasbor blog
By : tips blogger dan computer