Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Artikel Tidak Bisa di Copy Paste

 Assalamualaikum sahabat, Untuk tema kita pada kesempatan kali ini ialah masih berkaitan dengan situs web / blog. Belum lama, Admin Melirik di salah satu forum blogger di Facebook, ada sahabat kita yang bertanya tentang bagaimana cara supaya artikel tidak dapat dicopy paste. Dengan pertanyaan tersebut banyak sahabat di forum tersebut yang memberi jawaban atas pertanyaan tersebut , sangat beragam jawabannya, ada yang nyaranin biarin aja dan masih banyak lagi masukan-masukan tentang pertanyaan seputar artikel blog tersebut . Lanjut lagi..

 Beliau mengeluhkan dengan semakin banyak orang yang mengambil artikel blog beliau dengan cara mengcopy paste.Tentu, sebagai seorang penulis di blog, jujur Admin sendiri juga terkadang merasa jengkel karena tulisan yang kita buat dengan susah payah dicopy dan dipublikasikan ulang begitu saja, Parahnya lagi, tanpa disertai dengan sumber dari mana artikel tersebut didapatkan.

 Banyak alasan mengapa para blogger tidak suka jika artikel dicopy dan dipublikasikan ulang, Salah satu alasanya adalah, berpengaruhnya  terhadap hasil pencarian di search engine di google. Lanjut lagi..

 Baiklah sahabat, kita masuk kepokok pembahasan, Sebelum sahabat mengetahui bagaimana cara agar artikel tidak bisa di copy paste, ada baiknya sahabat mempertimbangkan dulu baik dan buruknya, jika berdampak baik ya silahkan lanjutkan, akan tetapi jika dampak buruknya lebih besar dari dampak baiknya, saran saya sahabat tinjau ulang lagi.

Pastinya sahabat sudah faham dampak dari artikel yang tidak bisa dicopy paste.

 Jika sahabat membuat artikel blog tidak bisa dicopy paste. Dampak baiknya adalah sangat sedikit artikel blog kita yang dicopy, Karena tidak semua orang tau cara copy paste artikel yang tidak bisa dicopy.

Akan tetapi dampak buruk dari artikel yang tidak bisa dicopy paste adalah, pengunjung akan sulit mengambil sebagian materi yang kita buat. contoh, jika blog yang sahabat kelola banyak menyertakan kode kode HTML sudah dapat di pastikan pengunjung akan segera pergi karena pengunjung sebagian besar malas menyalin ulang kode-kode HTML tersebut.

Ok, jika sahabat blogger bersikeras ingin tetap supaya artikel blog tidak bisa dicopy paste sahabat bisa memasang code script berikut:  
<SCRIPT type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</SCRIPT> 

Untuk mendapatkan kode di atas silahkan sahabat copy atau download melalui link berikut kode cara agar artikel blog tidak bisa di copy paste  sumber script: caramembuat524.blogspot.com
di HTML blog sahabat. Untuk cara memasang script ikuti panduanya dibawah ini:

Cara memasang script agar artikel tidak bisa dicopy paste

Login ke akun Blogger. Klik Template > Edit HTML. Cari kode </head> Untuk mempermudah gunakan ctrl+f. Dan pastekan script berikut: <SCRIPT type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</SCRIPT>
tepat di bawah kode </head> selanjutnya klik save selesai.

Sekarang sahabat bisa mencoba Insyallah artikel blog sahabat sudah tidak bisa dicopy paste lagi.

Mungkin itu saja yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini mudah-mudahan bermanfaat dan ahir wassalam.