Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda mendengar tentang sindrom penglihatan komputer? Ya benar, sindrom komputer ini akan terjadi saat Anda bekerja tanpa henti di depan komputer. Ini sebenarnya tidak baik karena bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Bahkan, beberapa orang bisa mengalami mata merah setelah fokus terlalu lama di depan komputer.

Nah, Anda tidak perlu terlalu khawatir, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sindrom ini.

1. Kondisikan pencahayaan

 Periksa kondisi cahaya di ruangan kerja Anda. Cahaya terlalu terang atau terlalu redup bisa membuat mata Anda cepat tegang. Anda bisa meminta saran ahli dalam menentukan kondisi yang ideal untuk pencahayaan interior Anda. Ini agar mata Anda dapat bekerja tanpa mengalami ketegangan. Anda juga perlu mengatur kecerahan kontras monitor sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda.

2. Berkedip

 Ahli mata mengatakan bahwa berkedip membantu mata Anda mencegah iritasi. Pastikan bahwa Anda sering berkedip saat berada di depan komputer supaya bisa menghindari masalah mata.

3. Sering alihkan mata Anda

 Radiasi komputer benar-benar dapat merusak mata Anda. Daripada terus menerus Anda melihat monitor Anda, lebih baik Anda melihat sekeliling Anda setiap 15 menit sekali, karena itu lebih baik.

4. Kesilau

  Bahkan silau bisa menjadi salah satu faktor yang harus dikurangi. Anda perlu menggunakan panel anti silau yang diinstal pada monitor Anda. Sebab, itu bisa membantu Anda melindungi indera penglihatan Anda. Atau, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan kacamata saat bekerja di depan komputer. Kacamata juga berperan penting melindungi mata Anda dari silau.

5. Sering istirahat

 Sering istirahat walaupun sebentar bisa membantu mata Anda sedikit bersantai setelah mereka tegang bekerja berjam-jam di depan meja komputer. Dan apabila monitor Anda sudah terlalu tua, maka Anda perlu segera menggantinya demi kesehatan mata Anda.

6. Pemeriksan rutin

 Anda juga bisa melakukan pemeriksaan secara rutin. Karena ini akan banyak membantu Anda dalam mencegah masalah penglihatan tertentu yang merupakan hasil dari radiasi komputer. (Sumarni/Boldsky)

sumber : Metrotvnews.com