Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan gratis belajar bisnis online di jejaring sosial seperti Facebook


Trik facebook, Berbicara tentang facebook saya rasa, tidak akan ada habis-habisnya, Terbukti baru-baru ini lagi trend yang namanya berbisnis online menggunkan media sosial seperti FB.

Kalau dilihat dari hasil pencarian pengguna internet melalui search engine pengguna yang mencari dengan kata kunci belajar bisnis online di facebook mencapai Sekitar 674.000 hasil (0,40 detik)  itu berarti banyak pengguna FB yang ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis menggunakan media sosial seperti facebook.

Selain mudah digunakan berbisnis menunakan media sosial tentu saja sangat menghemat pengeluaran,  pengguna hanya dibebankan pemakain kuota internet saja.

Dengan fasilitas yang ada, seperti pengguna dapat berinteraksi dengan sesama pengguna lainya, misalnya pengguna dapat chat, mengirim pesan, video calling keteman dan juga kerabat, itu dapat kita manfaatkan untuk menjual jasa atau barang.

Dan untuk caranya Insyallah akan kita bahas bareng.

Untuk memuai berbisnis online via facebook. ada 3 tahap yang akan admin jabarkan yaitu:
  1. Menentukan barang atau jasa yang kita jual.
  2. Media yang akan digunakan.
  3. Cara menjual barang via status di Facebook.
Dengan mengikuti 3 langkah berbisnis online yang akan admin jabarkan Insyallah sahabat sudah bisa memulai memasarkan produk atau jasa yang sahabat miliki melalui media sosial seperti Facebook.

Menentukan barang atau jasa yang ingin di jual

Untuk memulai berbisnis online yang pertama kali sahabat siapkan adalah menentukan apa yang mau sahabat jual. Karena, Pada dasarnya sistem bisnis online dan Offline itu sama yaitu transaksi jual beli, apakah itu jasa atau pun barang.

Sekarang pertanyaan nya. bagaimana jika sahabat tidak memiliki produk atau belum sadar dengan keahlian yang sahabat miliki untuk ditawarkan keteman FB.

Tenang saja, walaupun sahabat tidak memiliki produk, atau sahabat belum sadar dengan keahlian yang sahabat miliki. sahabat dapat bekerja sama dengan yang punya produk atau dengan teman teman yang menawarkan jasa. Disini sahabat hanya menawarkan barang atau jasa.

Bagaimana? mudah bukan, menentukan barang atau jasa yang akan kita jual.

Catatan:
Sebelum memulai bisnis online, kita harus menentukan dulu apa yang ingin kita jual atau memberikan jasa. Jika kita sudah menentukan apa yang ingin kita jual, Tahap berikutnya adalah menentukan media yang akan kita gunakan.

Media yang akan digunakan untuk menjual barang atau jasa secara online

Setelah kita mengetahui apa yang akan kita jual jasa atau barang. Tahap yang kedua adalah menentukan layanan di FB apa yang akan kita gunakan. Karena, seperti yang kita ketahui jika di Facebook ada 3 fasilitas yang paling banyak digunakan untuk berbisnis online seperti FansPage (Halaman), Group dan akun facebook yang sahabat miliki.

Dari ketiga fasiliatas yang sudah admin sebutkan. Tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurang menurut versi admin.
  1. Akun Pribadi - Memiliki kelebihan dapat chating secara langsung dan untuk kekuranganya dibatasi menambahkan teman.
  2. Fans Page - Tidak dapat menambahkan teman dan juga tidak dapat chating. untuk kelebihanya tidak ada batasan pengguna FB yang ingin mengikuti dan juga fasilitas beriklan di FB.
  3. Group - untuk Group kurang lebih sama dengan Fans Page.
Jika sahabat sudah tau barang atau jasa apa yang akan kita jual, dan sudah menentukan fasilitas yang akan digunakan tahap berikutnya adalah cara menjual barang melalui media sosial.
Catatan:
Seperti yang sudah admin bahas dari ketiga fasilitas yang ada di FB, kebanyakan pamain bisnis online menggunakan media sosial Facebook, lebih cenderung ke Fans Page.

Cara menjual atau menawarkan barang atau jasa secara Online di Facebook

Caranya sangat sederhana cukup buat status di beranda Facebook, halaman, Group. kemudian, sahabat sertakan juga harga dan detail dari produk atau jasa yang akan sahabat jual. Kemudian sahabat share(kirim).

Sahabat dapat menambahkan gambar jika anda ingin menjual baju, beserta informasi harga, size, dan nomor telepon yang bisa dihubungi Kemudian selanjutnya share selesai.

Bagaimana sangat mudah bukan? Dengan cara diatas sahabat sudah mengetahui cara berbisnis secara online menggunakan media sosial seperti Facebook.

Mungkin itu saja yang bisa admin bagikan pada pertemuan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat, Insyallah kedepanya admin akan bagikan beberapa metode untuk mendongrak penjualan dan cara mencari target pembeli yang pas buat buat barang atau jasa yang sahabat jual. dan terakhir wassalam.

Belajar Bisnis Online Via FB