Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Blog Gratis Menggunakan Platform Blogger

Cara Mudah Membuat Blog Gratis  Menggunakan Platform Blogger

Kalau pada pertemuan yang terdahlu saya sudah bahas tentang tips sebelum membuat blog, pada pertemuan kali ini saya akan bahas tentang bagaimana cara membuat blog gratis menggunakan platform blogger.

Seperti yang kita ketahui bersama kalau blogger adalah salah satu platform gartis untuk membuat blog profesional maupun blog personal. Sebelum saya jelaskan cara membuat situs web (blog), Untuk lebih mengenal platform blogger yang nantinya akan kita gunakan berikut saya kutipkan penjelasan tentang blogger:

Dikutip dari wikipedia Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Cara membuat blog di blogger


Membuat blog keren dengan subdomain blogspot sangatlah mudah, Tetapi bagi yang belum pernah membuat situs web atau blog mungkin sedikit kesulitan. Untuk mempermudah proses pebuatan blog saya sertakan juga gambar Insyallah agar lebih mudah untuk difahami.

Sebelum kita masuk ketema pembahasan cara membuat blog, pastikan teman-teman sudah memiliki akun gmail.Karena di artikel ini saya menggunakan akun Gmail. Untuk teman-teman yang belum mempunyai akun gmail bisa baca cara membuat akun gmail. Dan jika sudah memiliki akun gmail silahkan di simak proses atau langkah demi langkah pembutan situs/web (blog) di bawah ini:
  1. Buka situs www.blogger.com 
  2. Kemudian "masuk" menggunakan akun gmail. Setelah sahabat login menggunakan akun gmail di arahkan ke "dasbor blogger". Untuk tampilan dasbor blogger seperti gambar berikut

cara-membuat-blog

Kemudian klik button "blog baru" di kiri atas dasbor. Kemudian akan tampil tab baru seperti gambar berikut

cara-membuat-blog


kemudian masukan "judul" contohnya cara membuat blog grtis. masukan "alamat" contoh caramembuatbloggratis. kemudian pilih salah satu "template" contoh saya memilih sederhana dan terakhir klik "buat blog" selesai.

Sampai di tahap ini sahabat sudah selesai membuat blog baru menggunakan platform blogger.

Cara masuk / sign in diakun bogger


Untuk cara masuk di akun blogger sahabat buka www.blogger.com kemudian masukn alamat email dan kata sandi selanjutnya klik login.

Setelah sahabat selesai membuat blog untuk lebih memahami tentang cara masuk di dasbor bogger dan mengenal/memahami fungsi menu-menu di dasbor blogger silahkan sahabat baca cara masuk di dasbor blogger.