Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ebook Service LCD TV Terbaru

EBook service LCD TV terbaru

  Baru-baru ini Qbonk Meluncurkan Ebook terbarunya yang diberi judul LCD TV Repair, Ebook dengan total halaman 281 ini memberikan panduan belajar cara memperbaiki lcd tv, sedikit penjelasan tentang lcd seperti yang dikutip dari Wikipedia.org tentang LCD.

  LCD (liquid crystal display) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair.

  Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

  Seperti penjelasan diatas, Semakin bertambahnya masyarakat yang menggunakan LCD TV , Qbonk pun memberika solusi bagi kita yang mengalami masalah dengan LCD TVdengan meluncurkan ebook terbarunya LCD TV Repair, Ebook ini diberikan gratis kepada member premiun (Atau sebelumnya pernah membeli dengan paket Diskon di Qbonk) .

Daftar isi ebook LCD TV Repair

1 Teknologi LCD (lequid crystals display)

Liquid crystals, Liquid crystal display, Penggunaan teknologi LED TV, Perbedaan TV Plasma, TV LCD dan TV LED
2. Peralatan kerja teknisi LCD TV

3.Komponen elektronika LCD TV
Surface-mount technology (SMT), Resistor, Kapasitor/kondensator, Sekering (Fuse), Komponen induktor/ coil/choke, Switch/saklar, Crystal oscillator, Dioda, Transistor, Transformator, Komponen integrated circuit (Ic)

4. Petunjuk membaca schematic LCD TV
Mengenal simbol elektronika, Mengenal hurup kode komponen pada board LCD TV, Membaca schematic rangkaian LCD TV

5 Tes nilai tegangan dan pengukuran pada kompinen

A. Tes nilai kompinen
Multimeter dan cara menggunakan, Tes nilai resistor, Tes nilai koondensatator, Tes dioda, Tes komponen LED, Tes fuse/sekering, Pengukuran transistor, Tes transformator

B. Pengukuran tegaangan pada kompinen
Pengukuran tegangan melalui dioda bridge, Mengukur tegangan kapasitor filter utama, Mengukur tegangan power IC, Mengukur tegangan dioda ouput sekunder, MainBoard voltages, Mengukur tegangan T-con board

6. Memahami bagian-bagian LCD TV dan fungsinya

A. Membongkar bagian-bagian LCD TV

B. Memahami bagian-bagian LCD TV
Power supply board, Inverter board, Mainboard (Papan utama), VPU (Video processing Unit), MCU (Micro controller unit), EEPROM (Electronically erasable programmable read only memory), IC regulator tegangan, Flash memory, Audio processor, Audio amplifier, LVDS (Low voltage differential signaling) IC, Crystals, LCD controller board atau T-Con PCB, LCD driver board, Standby circuit

7. Troubleshooting dan solusinaya
PSU (Power Supply Unit) failures, LCD TV mati total, power/standby LED tidak menyala, LCD TV mati, power/standby LED tidak menyala tetapi fuse tidak putus, LCD TV mati tetapi power/standby LED menyala tetapi dan fuse tidak putus, Masalah pada rangkaian startup, Beberapa masalah lain pada rangkaian power supply, Kerusakan pada inverter board, Main board failures, Tidak ada Video, Tidak ada Audio, OSD/menu failure, Layar blank putih, Rainbow screen/ garis berwarna pelangi, Layar TV nyala sejenak, Kemudian mati, Tidak ada cahaya back light, Troubleshooting kerusakan TCON, Memahami kerusakan LCD TV Berdasarkan tampilan pada layar

8. Cara mengganti komponen LCD TV
Mengganti kapasitor, Mengganti Transistor, Mengganti IC/CHIP, Memasang / mengganti CCFL LCD TV
Mukin itu yang bisa admin bagi, Mudah-udahan bermanfaat, Bagi sobat yang berminat memiliki ebook LCD TV Repir silahkan berkunjung di www.Qbonk,com atau bisa KLIK DISINI. Ahir kata wassalam.